04 Desember 2015

Ekspedisi Mahakam 14: Keindahan Air Terjun Sungai Lunuk (Muara Bentuq)

            Dari Desa Muara Belinau, apabila kita terus menjalankan perahu kita ke arah hulu Sungai Belayan maka dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai air terjun Sungai Lunuk ini.  Artinya jika kami menempuh dari kecamatan Tabang dibutuhkan waktu 1 jam untuk menempuh jarak sekitar 4  KM untuk sampai ke lokasi.  Jika debit air dalam kondisi tinggi, maka perahu akan dapat mencapai lokasi air terjun ini namun jika tidak  perahu harus ditambatkan di tepi sungai Belayan lalu kita dapat berjalan kaki menyusuri anak sungai Belayan menuju Muara Bentuq, tempat air terjun itu berada. 




 Untungnya ketika tim melakukan survei ke lokasi kondisi debit air sedang dalam kondisi tinggi sehingga tidak perlu susah susah berjalan.   Air terjun yang berada di kawasan Sungai Lunuk ini masuk ke dalam wilayah Desa Muara Tuboq, Tabang.  Air terjun ini terletak di hulu sungai Belayan yang merupakan terjunan dari anak sungai yang tidak jauh dari muaranya dengan sungai Belayan sedangkan sumber airnya sendiri berasal dari gunung Batu Kenyak .  

Air terjun tersebut memiliki ketinggian lebih dari 10 meter. Dengan litologi berupa batuan intrusi dan lapisan batupasir padat (padas).  Dasar terjunannya membentuk kolam yang cukup besar. pada bagian pinggir kolam sampai pada sungainya tersingkap bongkahan batuan hasil runtuhan batuan di sekitarnya juga kerakal-kerakal beraneka bahan yang dibawa oleh aliran sungai ini.  Lingkungan vegetasi di sekitar air terjun ini masih berupa tanaman hutan yang cukup lebat menambah kesan yang lebih indah terhadap panorama lingkungan di sekitar air terjun ini. 

Tidak ada komentar: