14 Juni 2008

situs Batujaya di Karawang


Temuan menarik dalam dasawarsa terakhir ini adalah komplek candi Buddhistik di daerah Batujaya, yang terletak sekitar 20 km di sebelah barat Situs Cibuaya. Batujaya adalah sebuah kawasan yang memiliki karakteristik hampir sama dengan Cibuaya dimana merupakan daerah alluvial rawa-rawa yang berada tidak jauh dari pantai utara Jawa Barat. Survei perdahuluan tahun 1984 berhasil mengidentifikasikan 24 lokasi situs yang diduga terdapat tinggalan arkeologi dan hingga saat ini (2007) telah berhasil diketahui se­kurang-kurangnya ada 31 lokasi situs yang diantaranya masih berbentuk gundukan tanah (unur). Padahal menurut catatan De Haan, 1684 daerah ini merupakan rawa-rawa yang tidak dimanfaatkan. Baru pada sekitar tahun 1706 atas perintah pemerintah kolonial pusat, daerah ini dibersihkan dan dijadikan daerah ini areal pertanian

Jauh sebelum munculnya kerajaan Tarumanagara tampaknya masyarakat Sunda kuna telah melakukan kontak dengan India. Hal ini didasarkan pada temuan sejumlah artefak dari India yang memiliki pertanggalan dari sekitar awal abad pertama yang bersifat sporadis di sekitar pantai utara Jawa Barat, Santoso Soegondho melaporkan adanya temuan piring bermotif roulette ware di daerah Karawang dan temuan amphora di daerah Cibuaya (iSebagian pakar menduga bahwa kontak India dengan Nusantara pada awal-awal milenium pertama dilakukan secara tidak langsung sehingga kehadiran sejumlah data arkeologi dari awal milenium dianggap sebagai bagian dari kontak tidak langsung tersebut.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

To, kumaha geus saminggu yeuh...nyieun Blog diteruskeun atuh

infogue mengatakan...

Artikel di blog ini bagus-bagus dan berguna bagi para pembaca. Anda bisa lebih mempromosikan artikel Anda di infoGue.com dan jadikan artikel Anda Topik yang terbaik bagi para pembaca di seluruh Indonesia.Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://arkeologi.infogue.com/situs_batujaya_di_karawang

Almamater SMAN Cikampek mengatakan...

Informasinya sangat berharga bagi kami warga Kab. Karawang.

Mohon diulas mengenai situs-situs / peninggalan bersejarah yang ada di area Kecamatan Cikampek. karena sangat kami harapkan dan kami nantikan dari para ahli arkeologi untuk mengupas tentang Cikampek.

terima kasih

Unknown mengatakan...

Saya sebagai warga Karawang sangat antusias dengan adanya penemuan benda2 arkeologi dari jaman baheula. kebetulan saya juga pernah beberapa kali ke sana ( Situs Batujaya ). Saya harap kepada instansi2 terkait untuk segera menyelesaikan renovasi Situs2 yang ada di Karawang. Karena kalau saya lihat, sudah dari tahun 1984 sejak ditemukan pertama kali sampai sekarang sudah tahun 2010 belum ada tanda-tanda kemajuan yang berarti dari proses pemugaran di situs2 tersebut.

terima kasih dan sukse bagi para pertugas!!